Senin, 06 Agustus 2012

Masalah UpGrade Memori Pada Komputer


Sering kali kita merasa memori komputer kita kurang cukup dan perlu untuk di-upgrade (tambah).
Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk meng-upgrade memori anda sehingga masalah seperti memori tidak bertambah, komputer hang, atau bahkan mainboard mati tidak terjadi, yaitu:
tipe memori anda, kenali jenis memori komputer anda, apakah sdram, ddr1,ddr2 atau ddr3 atau lainnya,  kesalahan tipe memori menyebabkan memori tidak akan masuk pada slot memori mainboard anda, jika anda paksakan akan menyebabkan kerusakan pada mainboard anda.
kapasitas maksimum pada mainboard anda, sebelum anda memutuskan untuk menambah memori komputer anda, anda harus mencari tau kapasitas maksimum memori yang dapat ditampung oleh mainboard anda apakah 2GB, 4GB atau 32Gb dst, informasi ini dapat anda dapatkan melalui manual book ataupun website resmi pembuat mainboard anda.
versi bios,  ada kalanya kapasitas mainboard dapat ditingkatkan dengan cara mengupgrade versi bios anda.
OS,  Anda juga harus memperhatikan sistem operasi yang anda gunakan, contoh windows XP hanya mensupport 4 GB, variant Linux 32Bit juga max 4GB.  karena itu disarankan untuk penggunaan memori diatas 4GB menggunakan OS 64Bit agar lebih optimal.
nb: max  memori os 32 bit dapat ditingkatkan dengan feature Physical Address Extension (PAE)

Sumber : www.berbagiilmu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar